Jurnal Ekonomi, Vol. 2 No. 1, Januari-Maret 2013 ISSN. 2301-5551

vol2-no1-jan-mar-2013

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KARTU GSM PRABAYAR AS (STUDI KASUS PADA SISWA SMA NEGERI 4 LAHAT)

Oleh:
Darwin Kesuma
Dosen Tetap STIE Serelo Lahat

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara produk, harga, distribusi dan promosi secara simultan terhadap loyalitas konsumen kartu GSM prabayar AS. (2) Untuk mengetahui variabel mana secara parsial yang mempengaruhi loyalitas konsumen kartu GSM prabayar AS.
Persamaan Regresi dihasilkan adalah Y = 4.337 + (-0.059X1) + 0.071X2 + 0.443X3 + (-0.079X4) + 1.783, dan yang paling dominan yaitu variabel distribusi (X3) sebesar 0.443.
Uji F menghasilkan F hitung sebesar 3.309 dengan probabilitas nilai (sig) dihasilkan sebesar 0.014 di bawah tingkat signifikan 0,05 atau 5% maka masalah ini berarti (X1) Produk, (X2) Harga, (X3) Distribusi, (X4) Promosi secara simultan dan signifikan mempengaruhi Loyalitas Konsumen (Y).
Uji hasil t Produk (X1) -0.618, (X2) Harga 0.933, (X3) Distribusi 3.391, (X4) Promosi -0.407. Secara parsial variabel distribusi (X3) mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas, sedangkan variabel lainnya seperti produk (X1), harga (X2), dan promosi (X4) tidak berpengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen kartu GSM prabayar AS (Y). Hal ini terbukti dari hasil uji t untuk variabel distribusi t hitung (3.391) > t tabel (1.66).
Hasil R2 = 0.122 berarti bahwa masalah (X1) Produk, (X2) Harga, (X3) Tempat, (X4) Promosi berpengaruh kepada konsumen loyalitas sebesar 12.2% sedangkan sisanya 87.8% dikarenakan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: produk, harga, tempat, promosi, loyalitas konsumen

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG LAHAT

Oleh:
Gratias Roh Markus
Dosen Tetap STIE Serelo Lahat

ABSTRAK

Menyadari bahwa sumber daya manusia adalah aset penting perusahaan yang memiliki kemampuan berkembang sebagai penentu keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang, maka peningkatan keterampilan sumber daya manusia berada diurutan tertinggi. Memiliki sumber daya yang teruji kemampuan, keterampilan, setia pada perusahaan, bersemangat dalam mencapai tujuan perusahaan akan membuat perusahaan tetap mampu bersaing dalam era persaingan global.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Pegadaian Persero Cabang Lahat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Pegadaian Persero Cabang Lahat.
Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan pimpinan, pria dan wanita dikantor PT. Pegadaian Persero Cabang Lahat yang berjumlah 31 orang. Adapun teknik pengambilan sampel adalah metode sensus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT. Pegadaian Persero Cabang Lahat. Nilai koefisien determinan (r) diperoleh sebesar 23%. Hal ini berarti bahwa kemampuan variabel independen (motivasi kerja) menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel dependen (kinerja karyawan) sebesar 23% dan sisanya (77%) merupakan variabel yang tidak terungkap.

PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA UNIT TRANSFUSI DARAH (UTD) PMI KABUPATEN LAHAT

Oleh:
Markus
Dosen Tetap STIE Serelo Lahat

ABSTRAK

Pegawai memerlukan motivasi kerja yang kuat agar bersedia melaksanakan pekerjaan secara bersemangat, berkinerja pegawai tinggi dan produktif. Untuk memotivasi pegawai, pimpinan organisasi harus mengetahui motif dan motivasi yang diinginkan oleh para pegawai. Pelayanan publik merupakan pelayanan yang professional, efektif, efisien, sederhana, transparan, terbuka, tepat waktu, responsif dan sesuai dengan keinginan masyarakat.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik Pada Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Lahat
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data-data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang berjumlah 25 orang. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis regresi sederhana yang dilanjutkan dengan uji determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil bahwa motivasi kerja pegawai mempunyai pengaruh yang positif terhadap produktifitas kerja pegawai dan pengaruhnya berada pada kategori yang sedang. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,77. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dinyatakan r hitung yaitu 0,77 lebih besar dari r tabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,213. Ini berarti bahwa hipotesa kerja dapat diterima. Selanjutnya dengan perhitungan uji determinan diperoleh hasil sebesar 59%, yang artinya bahwa kualitas pelayanan publik dipengaruhi oleh motivasi kerja pegawai sebesar 59% sedangkan selebihnya 41% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Motifasi Kerja, Produktivitas Kerja

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT MERAPI TIMUR KABUPATEN LAHAT

Oleh:
Kasinem
Dosen Tetap STIE Serelo Lahat

ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja pegawai pada Kantor Camat Merapi Timur. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka yaitu suatu metode yang digunakan untuk mendapatkan data yang bersifat teoritis yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas. Kemudian studi lapangan yaitu wawancara, observasi, yang berhubungan dengan masalah yang diteliti untuk menadaptkan data yang jelas.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier, uji t dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data yang telah dilakukan, variabel lingkungan kerja memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai. Hasil analisis dengan menggunakan analisis regresi linier diperoleh persaamaan Y = 21,54 + 0,321 x. Sedangkan dengan uji t (t=5 %) diperoleh sebesar 2,970 t tabel sebesar 2,027. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini didapat bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel lingkungan kerja terhadap variabel produktivitas kerja pegawai. Dari perhitungan koefisien determinasi didapat bahwa pengaruh Lingkungan Kerja mempunyai peran sebesar 20,25 % terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Kantor Camat Merapi Timur Kabupaten Lahat, sedangkan 79,75 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lingkungan kerja sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja pegawai Kantor Camat Merapi Timur Kabupaten Lahat.

Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Produktivitas Kerja

PENGARUH IKLAN MEDIA TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TV. LG (Study Kasus Masyarakat di Kelurahan Gunung Gajah Lahat)

Oleh:
Syukri
Dosen Tetap STIE Serelo Lahat

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji “Pengaruh Iklan Media Televisi Terhadap Keputusan Pembelian TV. LG (Study Kasus Masyarakat di Kelurahan gunung Gajah Lahat)”. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Accidental yaitu dengan cara pengambilan sampel yang dilakukan secara kebetulan, dengan membagikan kuisioner pada orang yang telah membeli TV merk LG. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Sederhana dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t guna membuktikan hipotesis penelitian.
Hasil Analisis Regresi Sederhana menunjukkan Iklan melalui media televisi berpengaruh terhadap keputusan pembelian TV. LG pada Masyarakat di Kelurahan Gunung Gajah Lahat, hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi yaitu Y = 22,38 + 0,36 x, hal ini berarti jika iklan melalui media televisi ditingkatkan sebesar satu satuan maka keputusan pembelian TV. LG akan meningkat sebesar 0,36. Dan adanya korelasi positif antara iklan melalui media televisi dengan keputusan pembelian TV. LG dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,38 termasuk bagian korelasi kecil, artinya adanya hubungan yang sedang antara iklan melalui media televisi Terhadap Keputusan Pembelian TV. LG (Study Kasus Masyarakat di Kelurahan gunung Gajah Lahat). Sedangkan hasil pengujian hipotesis membuktikan terdapat pengaruh antara iklan melalui media televisi dengan keputusan pembelian TV. LG. dilihat dari nilai t hitung sebesar 18,77 lebih besar dari t tabel yaitu 2,10 dengan demikian Hi diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci: Iklan Melalui Media Televisi dan Keputusan Pembelian.

PENGARUH PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA KANTOR LURAH KOTA JAYA KECAMATAN LAHAT

Oleh:
Mujari
Dosen Tetap STIE Serelo Lahat

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian kompensasi terhadap peningkatan prestasi kerja pegawai pada Kantor Lurah Kota Jaya Kecamatan Lahat. Populasi penelitian ini adalah pegawai kantor tersebut sebanyak 14 orang dengan menggunakan sampel dari seluruh jumlah pegawai. Alat analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah metode kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana, koefisien korelasi sederhana, koefisien korelasi determinan, uji test. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel kompensasi ( X ) mempunyai pengaruh terhadap variabel prestasi kerja ( Y ).

Kata Kunci : Kompensasi, Prestasi Kerja

PERANAN ANALISIS SWOT TERHADAP PO. LANTRA JAYA KABUPATEN LAHAT

Oleh:
Wartono
Dosen Tetap Universitas Tridinanti Palembang

ABSTRAK

Perkembangan bisnis di Indonesia belakangan ini semakin lama semakin menonjol akan kompleksitas, persaingan, perubahan, dan ketidak pastian. Keadaan ini menimbulkan persaingan yang tajam antara perusahaan, baik karena pesaing yang semakin bertambah, volume produk yang semakin meningkat, maupun bertambah pesatnya perkembangan teknologi. Hal ini memaksa perusahaan untuk lebih memperhatikan lingkungan yang dapat mempengaruhi perusahaan, agar perusahaan mengetahui strategi pemasaran seperti apa dan bagaimana yang harus diterapkan dalam perusahaan.
Perusahaan perlu mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam persaingan. Hal ini akan sangat membantu perusahaan dalam mengenali diri, serta memanfaatkan setiap peluang yang ada dan menghindari atau meminimalkan ancaman. Dimana dalam menentukan strategi bersaing dan mengambil keputusan, seorang manager harus mengenali apa saja kelemahan, kekuatan, ancaman, peluang yang dimiliki perusahaan serta mengenali keunggulan pesaing. Setelah diidentifikasi masalah didapat rumusan masalahnya bagaimana kekuatan yang dimiliki, usaha yang dilakukan untuk mengatasi kelemahannya, ancaman (internal dan eksternal) serta peluang. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman, serta peluang yang dimiliki Po. Lantra Jaya Lahat. Manfaat dari penelitian ini adalah bagi perusahaan sendiri dapat menjadi masukan dalam mengembangkan usahanya dengan cara memanfaatkan kekuatan, menutupi kelemahan, menggunakan peluang serta mengantisipasi ancaman yang terdapat disekitar perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode deskriftif kualitatif, objek penelitiannya PO. Lantra Jaya Lahat. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder Teknik pengumpulan data adalah study pustaka dan study lapangan. Kekuatan yaitu keunggulan atau kelebihan, Kelemahan yaitu kekurangan, Peluang yaitu kesempatan atau kemungkinan untuk mengembangkan usaha, ancaman adalah hal-hal yang dapat membahayakan kelangsungan hidup Po. Lantra Jaya Lahat. Sehingga dapat disimpulkan Po. Lantra Jaya Lahat mempunyai kekuatan, beroperasi sudah cukup lama dengan pelanggan yang cukup banyak, dimiliki dan dikelola putera daerah sehingga lebih mengetahui lingkungan perusahaan serta kebiasaan dan adat istiadat masyarakat (konsumen), kelemahan, kendaraan (bus) yang digunakan pada umumnya sudah tua dan pelayanan terhadap penumpang kurang baik. Dan ancaman internal adalah dari sudut pegelolaan perusahaan, pengelolaan keuangan, kendaraan dan pelayanan terhadap penumpang (konsumen).

Kata Kunci: Analisis SWOT

PENGARUH PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN MOBIL SUZUKI CARRY PICK UP PADA PT. NUSA SARANA CITRA BAKTI LAHAT

Oleh:
Kamsrin Sa’i
Dosen Tetap Universitas Tridinanti Palembang

ABSTRAK
PT. Nusa Sarana Citra Bakti Lahat dalam upaya melakukan peningkatan penjualan masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dipengaruhi pada promosi yang dilakukan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah promosi berpengaruh terhadap penjualan dan bagaimana hubungan promosi terhadap penjualan mobil Suzuki Carry Pick Up pada PT. Nusa Sarana Citra Bakti Lahat.
Penelitian ini dilakukan pada PT. Nusa Sarana Citra Bakti Lahat yang berlokasi di jalan Lintas Sumatera Lembayung, Kelurahan Bandar Agung. Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat.
Tujuan yang dicapai dalam skripsi ini adalah mengetahui bahwa promosi yang dilakukan berpengaruh terhadap penjualan dan mengetahui hubungan promosi terhadap penjualan mobil Suzuki Carry Pick Up pada PT. Nusa Sarana Citra Bakti Lahat.
Dari persamaan Regresi di dapat nilai promosi bertambah ataupun menurun maka nilai volume penjualan 0,18 %. Hal ini berkaitan sangat kuat. Dari perhitungan kolerasi diperoleh kesimpulan bahwa nilai r 51,5 % hubungannya sangat kuat, Dari perhitungan kolerasi diperoleh kesimpulan bahwa nilai r mendekati 1 (0,515) artinya hubungan yang ditimbulkan searah atau hubungannya sangat erat sekali, nilai t hitung yang di dapat adalah 1,033 dengan pengandaian taraf kesalahan = 50 % uji dua pihak dan df = n – 2 = 5 -2 = 3, maka diperoleh t tabel sebesar 0,765Dapat dibuktikan bahwa adanya pengaruh promosi terahadap peningkatan volume penjualan.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka penulis memberikan saran Hendaknya PT. Nusa Sarana Citra Bakti Lahat lebih meningkatkan kegiatan promosinya, agar perusahaan mencapai volume penjualan yang diharapkan, maka perusahaan perlu mengkaji kembali ataupun mengevaluasi ulang, dan memberikan informasi atau tips tetang cara pemakaian kendaraan dengan baik dan benar.

Kata Kunci: Promosi, Volume Penjualan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *