JiSTIES, EDISI I, VOL. 01, 2015

MENGELOLA WAKTU SECARA PROFESIONAL OLEH SUMBER DAYA MANUSIA

MENGELOLA WAKTU SECARA PROFESIONAL OLEH SUMBER DAYA MANUSIA
Bambang Kristianto Wibowo

ABSTRACT

Abstrak

Seorang pegawai harus mampu membuat manajemen waktu yang baik dan merniliki komitmen serta sikap yang dilandasi rasa tanggung jawab pada tugas maka mereka akan rnenyelesaikan tugas atau pekerjaannya karena merasa terikat pada penyelesaian tugas tersebut, bukan karena terikat pada norma-norma formal, sehingga apabila tidak menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya, mereka akan merasa bersalah dan bukannya takut pada sanksi. Untuk itu pegawai harus melatih diri untuk menjadi pegawai yang penuh tanggung jawab, yang mampu bekerja mandiri, bekerja tanpa pengawasan, bahkan dituntut untuk mampu mengawasi dirinya sendiri. Untuk itu harus memperhatikan aturan-aturan dalam manajemen waktu yang baik, yaitu ; jangan menangguhkan, lacak aktifitas anda, berkonsentrasi pada hasil, ingat prinsip 80/20, gunakan waktu perjalanan dengan bijaksana, bangun rancangan aksi, merespon dengan cepat, bersikap tegas, jadwalkan waktu untuk santai.

Bagi seorang pegawai, waktu adalah sumber daya langka, sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dengan segala kesibukan yang dimilikinya manajemen waktu yang baik dan benar mampu membuat keseimbangan hidup bagi pegawai baik di kantor, masyarakat dan keluarga.

Kata kunci : manajemen waktu, profesional